Rabu, 01 April 2020

penjelasan Surat Hud Ayat 8-11


BAB II
PEMBAHASAN
A. Ayat dan Terjemahan
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَلَىِٕنْ اَخَّرْنَا عَنْهُمُ الْعَذَابَ اِلٰٓى اُمَّةٍ مَّعْدُوْدَةٍ لَّيَقُوْلُنَّ مَا يَحْبِسُهٗ ۗ  اَلَا يَوْمَ يَأْتِيْهِمْ لَيْسَ مَصْرُوْفًا عَنْهُمْ وَحَاقَ بِهِمْ مَّا كَانُوْا بِهٖ يَسْتَهْزِءُوْنَ  - ٨  وَلَىِٕنْ اَذَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنَّا رَحْمَةً ثُمَّ نَزَعْنٰهَا مِنْهُۚ اِنَّهٗ لَيَـُٔوْسٌ كَفُوْرٌ - ٩
وَلَىِٕنْ اَذَقْنٰهُ نَعْمَاۤءَ بَعْدَ ضَرَّاۤءَ مَسَّتْهُ لَيَقُوْلَنَّ ذَهَبَ السَّيِّاٰتُ عَنِّيْ ۗاِنَّهٗ لَفَرِحٌ فَخُوْرٌۙ – ١٠ اِلَّا الَّذِيْنَ صَبَرُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِۗ اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّاَجْرٌ كَبِيْرٌ - ١١
“Dan sungguh, jika Kami tangguhkan azab terhadap mereka sampai waktu yang ditentukan, niscaya mereka akan berkata, “Apakah yang menghalanginya?” Ketahuilah, ketika azab itu datang kepada mereka, tidaklah dapat dielakkan oleh mereka. Mereka dikepung oleh (azab) yang dahulu mereka memperolok-olokkannya (8). Dan jika Kami berikan rahmat Kami kepada manusia, kemudian (rahmat itu) Kami cabut kembali, pastilah dia menjadi putus asa dan tidak berterima kasih (9). Dan jika Kami berikan kebahagiaan kepadanya setelah ditimpa bencana yang menimpanya, niscaya dia akan berkata, “Telah hilang bencana itu dariku.” Sesungguhnya dia (merasa) sangat gembira dan bangga, (10). kecuali orang-orang yang sabar, dan mengerjakan kebajikan, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar(11)”.



B. Penjelasan Tafsir
a.       Ayat 8
Didalam kitab tafsir ibnu jazy
  
  

Didalam tafsir ibnu jazy [1], menjelaskan bahwasanya Allah menangguhkan azab manusia, menunda datangnya azab orang yang mendustakan kekuasaan Allah sampai batas ketetapan waktu yang ditentukan. Azab disini ialah didunia dan diakhirat. Mereka akan mendapatkan kedua azab tersebut namun Allah memiliki kekuasaan untuk melambatkan azabnya didunia. Lalu mereka yaitu orang munafik bertanya dan berkata “apa yang menyebabkan azab ini tak menimpa kami sampai batasan waktu yang dijanjikan”. Pertanyaan ini ditunjukan untuk niat mengejek, bermaksud mendustakan dan meremehkan azab yang tak kunjung menimpa mereka. Hal itu seolah mengecap bahwa kekuasaan Allah tak ada.
Lalu Allah SWT menegaskan bahwasanya ketika azab itu datang menimpa mereka, semua orang munafik akan terkena azab itu dan tidak bisa mengelaknya. Dari sudut manapun akan terkena azab, dimanapun mereka berada azab selalu menimpa mereka. Pertanyaan yang mereka anggap remeh terjawab dengan azab yang Allah tampakkan menyertainya.

b          b.      Ayat 9 -11
      Penjelasan ayat kesembilan didalam tafsir Al-baghwy;
قوله تعالى: { وَلَئِنْ أَذَقْنَا الإنْسَانَ مِنَّا رَحْمَةً } نعمة وسعة، { ثُمَّ نَزَعْنَاهَا مِنْهُ } أي: سلبناها منه،    { إِنَّهُ لَيَئُوس } قنوط في الشدة، { كَفُورٌ } في النعمة.[2]

Didalam tafsir al-baghwy, dijelaskan bahwa rahmat Allah yang diberikan kepada manusia itu ialah berupa nikmat yang begitu luas, besar. Yang kemudian apabila suatu waktu Allah cabut nikmat itu, maka mereka orang munafik akan kufur nikmat atau berputus asa tidak berterima kasih. Ayat ini menerangkan tentang celaan seseorang yang mudah berputus asa ketika mendapatkan suatu kesulitan, dan celaan orang yang membangkang, sombong ketika mendapatkan suatu rahmat atau kenikmatan. Allah mencela mereka dengan cara mencabut nikmat-Nya, baik sedikit maupun banyak.
Didalam tafsir ibnu katsir;
يخبر تعالى عن الإنسان وما فيه من الصفات الذميمة، إلا من رحم الله من عباده المؤمنين، فإنه إذا أصابته شدة بعد نعمة، حصل له يأس  وقنوط من الخير بالنسبة إلى المستقبل، وكفر وجحود لماضي الحال، كأنه لم ير خيرا، ولم يَرْج  بعد ذلك فرجا. وهكذا إن أصابته نعمة بعد نقمة { لَيَقُولَنَّ ذَهَبَ السَّيِّئَاتُ عَنِّي } أي: يقول: ما بقي ينالني بعد هذا ضيم ولا سوء، { إِنَّهُ لَفَرِحٌ فَخُورٌ } أي: فرح بما في يده، بطر فخور على غيره. قال الله تعالى: { إِلا الَّذِينَ صَبَرُوا } أي: في الشدائد والمكاره، { وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ } أي: في الرخاء والعافية، { أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ } أي: بما يصيبهم من الضراء، { وَأَجْرٌ كَبِيرٌ } بما أسلفوه في زمن الرخاء، كما جاء في الحديث: "والذي نفسي بيده، لا يصيب المؤمن هَمٌّ ولا غَمٌّ، ولا نَصَب ولا وَصَب، ولا حَزَن حتى الشوكة يشاكها، إلا كَفَّرَ اللهُ عنه بها من خطاياه ، وفي الصحيحين: "والذي نفسي بيده، لا يقضي الله للمؤمن قضاء إلا كان خيرا له، إن أصابته سراء فشكر كان خيرا له، وإن أصابته ضراء فصبر كان خيرا له، وليس ذلك لأحد غير المؤمن" [3] وهكذا قال الله تعالى: { وَالْعَصْرِ إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ } [ سورة العصر]، وقال تعالى: { إِنَّ الإنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا إِلا الْمُصَلِّينَ } الآية [المعارج:19 -22].[4]
Penjelasan didalam tafsir ibnu kasir bahwasanya Allah swt menggambarkan sosok manusia dan sifat-sifat tercela yang dimilikinya. Buruknya sifat manusia yaitu apabila mendapatkan musibah setelah kenikmatan yang diraihnya, maka ia akan berputus asa atas apa yang dilakukannya, merasa bahwa kebaikan nikmat yang pernah diraih sebelumnya tak bearti dikehidupan. Berputus asa untuk maju kedepan seolah-olah terputus pupus kabaikan untuk melangkah maju kedepannya dan mengingkari kebaikan yang dulu pernah diperbuat tidak berlaku kebaikan itu untuk masa saat ditempuh ataupun masa yang dihadapinya. Artinya saat mendapatkan musibah, dia berputus asa dari kebaikan nikmat yang pernah diraihnya dan tidak ikhtiar untuk keluar dari musibah yang dialaminya, maka tidak ada rasa keinginan untuk berbuat baik mendaptkan nikmat justru keburukan yang ditampakan saat mendapatkan musibah.
Penjelasan ayat kesepuluh dijelaskan didalam tafsir ibnu katsir, yaitu tentang keadaan seseorang ketika berhasil lolos dari musibah yang menerpa. Keadaannya sangat gembira, senang karena keberhasilan menghampirinya, semua keberhasilan itu dilalui  atas dasar dirinya, maka hal itu mereka bersikap angkuh, sombong kepada orang lain.
Selanjutnya ayat kesebelas, Allah mengecualikan bagi orang-orang yang sabar menghadapi bencana dan mengerjakan amal-amal shaleh.  Artinya tidak termasuk kedalam golongan sifat tercela bagi mereka yang bersabar dan terus melakukan amal kebaikan saat didatangkan musibah. Lalu Allah menutup ayat ini dengan ganjaran ampunan dosa serta karunia pahala yang besar karena atas semua perbuatan makmur hingga masa-masa sejahteranya. Didalam kitab shahihain dijelaskan bahwa:
"والذي نفسي بيده، لا يقضي الله للمؤمن قضاء إلا كان خيرا له، إن أصابته سراء فشكر كان خيرا له، وإن أصابته ضراء فصبر كان خيرا له، وليس ذلك لأحد غير المؤمن"
“Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggam kekuasaannya, tidak sekali-kali Allah memutuskan bagi orang mukmin suatu keputusan melainkan hal itu baik baginya. Jika dia beroleh kegembiraan, maka dia akan bersyukur, dan bersyukur itu baik bagiya. Dan jika ia tertimpa kesedihan maka ia bersabar, dan bersabar itu baik baginya. Hal itu tidak dimiliki oleh seorangpun selain orang mukmin”.
C. Analisis
            Dari penjelasan bererapa penafsir yang telah disebutkan diatas, menurut saya bersikaplah sbagaimana muslim yang baik dan benar, jangan sombong ketika disituasi keberhasilan, jangan mengeluh ketika mendapatkan musibah, dan tetap bersyukuri didalam situasi apapun. Sebab apabila Allah murka akan diturunkannya azab dan tidak ada seorangpun yang bisa mengelak azab itu terkecuali terhadap orang mukmin. Maka muslim yang benar adalah berprilaku sebagaimana orang mukmin yaitu orang yang beriman terhadap Allah dan tidak pernah  mengeluh dengan musibah yang menerpa.


[1] Abil Qosim Muhammad Ibnu Ahmad bin Juuzy Al-kilby, Litashil liulumi Tanzil
[2] Tafsir Al-Baghwy
[3] صحيح مسلم برقم (299) بلفظ: "عجبا للمؤمن إن أمره كله خير" من حديث صهيب الرومي رضي الله عنه وليس في صحيح البخاري.

[4] Tafsir Al-Qur’anul Azhim Juz 4, hlm 437

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klasifikasi Ayat Al-Qu'an

KLASIFIKASI AYAT A. PENGHILANGAN NYAWA Surat Al-Baqoroh Ayat 191 وَاقْتُلُوهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوهُمْ وَأَخْرِجُوهُمْ مِنْ حَيْثُ أ...